Mengapa Kurma Jadi Makanan Terbaik saat Ramadan? Begini Penjelasannya

Kamis, 23 Maret 2023 - 17:35 WIB
Ramadan salah satunya identik dengan buah-buahan segar yang enak disantap saat berbuka puasa. Namun, tak ketinggalan juga buah kurma. Foto/Freepik
JAKARTA - Ramadan di Indonesia salah satunya identik dengan buah-buahan segar seperti blewah dan timun suri yang enak disantap saat berbuka puasa. Namun, tak ketinggalan juga buah kurma yang selalu ada di meja makan dan kerap dijadikan menu takjil.

Membahas soal kurma, kurma sendiri merupakan buah yang sudah ada sejak zaman dulu dan banyak tumbuh di negara-negara Asia Barat seperti Arab Saudi, Iran, Irak, serta Mesir. Buah tersebut bisa diolah menjadi makanan penutup apapun, dan bisa juga dimakan langsung.



Kurma merupakan buah favorit Nabi Muhammd SAW. Bahkan Nabi Muhammad SAW selalu berbuka puasa dengan kurma dan air. Selain itu, Nabi juga menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil.







Menurut sebuah hadis, barang siapa yang mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sesungguhnya ada di antara pepohonan, satu pohon yang tidak gugur daunnya. Pohon ini seperti seorang muslim, maka sebutkan kepadaku pohon apa itu?"

Lalu orang menebak bahwa itu adalah pohon wadhi. Kemudian Abdullah berkata, "Lalu terbesit di dalam diriku, pohon itu adalah pohon kurma. Namun, aku malu mengungkapkannya."
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More