Ini Alasan Hugh Jackman Ingatkan Para Penggemar agar Sering Gunakan Tabir Surya

Rabu, 05 April 2023 - 07:51 WIB
Aktor Hollywood, Hugh Jackman telah menjalani tes untuk kanker kulit, beberapa waktu lalu. / Foto: Instagram @thehughjackman
SYDNEY - Aktor Hollywood , Hugh Jackman telah menjalani tes untuk kanker kulit, beberapa waktu lalu. Usai melakukan tes tersebut, aktor asal Australia itu mengajak para pengikut akun Instagram pribadinya untuk memakai tabir surya (sunscreen).

"Musim panas telah tiba. Tolong gunakan tabir surya Anda. Ini tak sepadan, seberapa besar Anda ingin kulit kecokelatan. Hal ini yang terjadi 25 tahun yang lalu dan baru keluar sekarang," sebut Hugh Jackman , seperti dikutip dari video yang dibagikannya di akun Instagram @thehughjackman, Rabu (5/4/2023).

Pemeran Logan itu juga tampak memakai plaster di hidungnya. Saat ini, dia sedang menanti hasil dari pemeriksaan terkait apakah dirinya memgalami kanker kulit, yang dikenal dengan nama karsinoma sel basal (basal cell carcinomas).





"Saya baru saja menyelesaikan dua operasi biopsi, dan akan mengetahui hasilnya dalam 2 atau 3 hari. Setelah saya tahu, saya akan memberi tahu Anda," ungkap aktor kelahiran Sydney, 12 Oktober 1968 itu.

Hugh Jackman diketahui telah dirawat beberapa kali karena karsinoma sel basal pada 2013, 2014 dan 2016.

Kendati menggambarkan hal itu sebagai kanker kulit yang tidak berbahaya, namun Hugh Jackman mengingatkan para penggemarnya untuk mengoleskan tabir surya, karena hal tersebut sangatlah penting.

Lantas, apa itu karsinoma sel basal? Menukil laman kesehatan Alodokter, karsinoma sel basal merupakan kanker kulit yang menyerang sel basal atau sel yang terletak di bagian paling bawah dari lapisan kulit terluar.

Sel ini sebenarnya berfungsi memproduksi sel kulit baru, dan menggantikan sekuat yang mati melalui proses pengelupasan kulit. Namun, pada karsinoma sel basal, produksi sel kulit menjadi tidak terkendali sehingga membentuk kanker.



Kanker ini umumnya muncul di area kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, kepala, atau leher. Karsinoma sel basal yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebar ke organ dan jaringan tubuh lain yang sehat di sekitarnya.
(nug)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More