Mengenal Diffuse Axonal Injury, Cedera Otak yang Dialami David Ozora

Rabu, 12 April 2023 - 05:50 WIB
Diffuse axonal injury (DAI) atau cedera aksonal difus adalah robekan pada serabut saraf penghubung panjang otak (akson) yang terjadi saat otak cedera dan berputar di dalam tulang tengkorak. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Diffuse axonal injury tengah diderita David Ozora akibat dianiaya oleh Mario Dandy, pemuda yang merupakan anak mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun. Penganiayaan yang dilakukan Mario terhadap David menyebebkan cedera parah. David bahkan sempat koma beberapa minggu akibat aksi keji Mario.

David sendiri mengalami cedera otak bernama diffuse axonal injury. Cedera tersebut membuat beberapa syaraf David rusak dan butuh waktu lama untuk pulih.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan diffuse axonal injury? Apa pula yang dialami pasien dengan cedera otak tersebut?







Diffuse axonal injury (DAI) atau cedera aksonal difus adalah robekan pada serabut saraf penghubung panjang otak (akson) yang terjadi saat otak cedera dan berputar di dalam tulang tengkorak. DAI biasanya menyebabkan koma dan cedera pada berbagai bagian otak.

Kondisi ini juga merupakan jenis cedera otak traumatis (TBI) yang diakibatkan oleh cedera tumpul pada otak. Di Amerika Serikat, cedera otak traumatis merupakan penyebab utama kematian dan kecacatan di kalangan anak-anak serta orang dewasa muda.

Dilansir dari website National Institutes of Health, Rabu (12/4/2023), cedera otak traumatis diklasifikasikan sebagai ringan, sedang, dan berat berdasarkan skala koma Glasgow (GCS).

Pasien cedera otak traumatis dengan GCS 13 sampai 15 tergolong ringan, yang termasuk mayoritas pasien cedera otak traumatis.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More