9 Tips Parenting yang Perlu Diketahui Orang Tua

Jum'at, 05 Mei 2023 - 15:37 WIB
Terdapat sejumlah tips parenting yang perlu diketahui orang tua. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sejumlah tips parenting yang perlu diketahui orang tua . Dengan demikian orang tua dapat mengasuh buah hati lebih baik dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Namun, pada kenyataanya tidak semua orang tua memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai mengenai pengasuhan anak. Minimnya pengetahuan dan keterampilan orang tua mengenai pengasuhan dapat menimbulkan perlakuan salah pada anak.

Dilansir dari Jurnal "Teknik Parenting dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Pratama Bandung", pengasuhan oleh orang tua dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan sosial dan fisik tempat dimana keluarga itu tinggal, status ekonomi orang tua, dan model pengasuhan yang didapatkan orang tua sebelumnya.



9 Tips Parenting

Untuk memperluas wawasan dalam hal parenting, orang tua dapat mengikuti beberapa tips parenting yang disajikan berikut.



1. Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Anak yang punya rasa percaya diri yang tinggi akan lebih mudah mengintrospeksi dirinya sendiri dan juga dapat mengelola emosi serta menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri ini, orang tua harus mengetahui kelebihan dan kelemahan dari anak. Cobalah untuk mengembangkan kelebihan dan meminta anak untuk menerima segala kelemahannya. Hal tersebut dapat membuat anak jauh lebih percaya diri ketika melakukan kelebihannya.

2. Hindari Membandingkan Anak

Jangan sekali-kali orang tua membanding-bandingkan anaknya dengan saudara sendiri. Karena hal tersebut berpotensi untuk menimbulkan rasa iri dan membuat anak selalu berkecil hati.

Pastikan bahwa anak mendapat kasih sayang yang penuh dan tidak pilih-pilih. Karena setiap anak memiliki kelebihan dan karakteristiknya tersendiri.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More