4 Penyakit yang Disebabkan Kebanyakan Konsumsi Nasi Putih, Nomor 3 Jarang Diketahui

Jum'at, 26 Mei 2023 - 05:50 WIB
Penyakit dapat timbul yang disebabkan karena kebanyakan mengonsumsi nasi putih. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Penyakit yang disebabkan karena kebanyakan mengonsumsi nasi putih akan diulas dalam artikel ini. Ya, meskipun salah satu karbohidrat utama yang menjadi sumber energi bagi tubuh, mengonsumsi nasi secara berlebihan juga bisa memicu berbagai penyakit.

Lantas, apa saja penyakit yang disebabkan karena kebanyakan mengonsumsi nasi putih? Berikut di antaranya, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/5/2023).

1. Obesitas

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Begitu juga jika kebanyakan mengonsumsi nasi yang dapat membuat berat badan berlebih alias obesitas.







Hal ini dipicu karena Anda mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi. Terlebih jika makan nasi banyak tapi tanpa melakukan aktivitas fisik. Beberapa orang bahkan memilih membatasi atau tidak makan nasi sama sekali untuk mengontrol berat badan agar tak terus bertambah.

2. Diabetes

Indeks glikemik yang tinggi pada beras putih dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang memicu diabetes. Menurut Harvard T.H. Chan of School of Public Health, beras memiliki nilai indeks glikemik (GI) 48-93.

Nilai tersebut menunjukkan dampak nyata pada peningkatan kadar glukosa darah. Ya, semakin tinggi GI, semakin tinggi kadar gula dalam darah.

“Beras putih lebih sedikit seratnya dan itu kenapa lebih mungkin memengaruhi kadar gula darah serta meningkatkan risiko diabetes," terang laporan kesehatan tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More