4 Penyakit karena Kebanyakan Garam, Nomor 3 Bisa Berakibat Fatal

Minggu, 21 Mei 2023 - 10:34 WIB
loading...
4 Penyakit karena Kebanyakan Garam, Nomor 3 Bisa Berakibat Fatal
Penyakit karena kebanyakan garam wajib diketahui. Sebab, bumbu dapur yang satu ini jika sering dikonsumsi dapat menimbulkan gangguan kesehatan, bahkan bisa berakibat fatal. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Penyakit karena kebanyakan garam wajib diketahui. Sebab, bumbu dapur yang satu ini jika sering dikonsumsi dapat menimbulkan gangguan kesehatan, bahkan bisa berakibat fatal.

Seperti diketahui, garam dalam makanan merupakan salah satu unsur penting pemberi cita rasa, tetapi jika dikonsumsi berlebihan memiliki banyak efek samping hingga menimbulkan berbagai penyakit.

Lantas penyakit apa saja bisa timbul, akibat kelebihan makan garam?. Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Penyakit karena Kebanyakan Garam

1. Kanker Perut

Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa memicu kanker perut. Hal ini berdasarkan tinjauan yang melibatkan lebih dari 268.000 peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka dengan asupan garam rata-rata 3 gram per hari, memiliki risiko kanker perut hingga 68% lebih tinggi daripada mereka dengan asupan garam rata-rata 1 gram per hari.



Kemudian, ada studi lain lebih lanjut menunjukkan bahwa orang dengan asupan garam yang tinggi, mungkin memiliki risiko kanker perut dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan asupan lebih rendah.

"Namun, penelitian ini tidak secara jelas mendefinisikan apa yang dianggap asupan garam tinggi atau rendah," keterangan yang dikutip dari Healthline.

2. Penyakit Jantung

Mengutip laman resmi Siloam Hospital, kandungan natrium pada garam dapat masuk ke pembuluh darah, sehingga meningkatkan volume darah di dalam tubuh kemudian menyebabkan tekanan berlebih pada pembuluh darah.

Jika terjadi secara terus-menerus, kondisi ini akan memaksa jantung untuk bekerja ekstra dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Meskipun makan terlalu banyak garam mungkin tidak meningkatkan risiko penyakit jantung, atau kematian dini bagi semua orang, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

3. Gangguan Ginjal

Melansir dari website P2PTM (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa jika terlalu banyak mengonsumsi garam bisa sebabkan gangguan ginjal.

"Menambah protein dalam ginjal dan akibatnya, meningkatkan risiko gangguan ginjal serta risiko timbulnya batu ginjal," keterangan dalam laman tersebut.

Perlu diketahui, orang dengan kondisi kesehatan seperti gagal jantung, serta penyakit hati atau ginjal dapat mengalami efek fatal jika rutin mengonsumsi lebih dari 10 gram sodium per hari. Itu setara dengan sekitar 25 gram garam.

4. Kenaikan Tekanan Darah

Penyakit lain yaitu kenaikan tekanan darah atau sering disebut hipertensi. Melansir Healthline, jika makanan kaya akan garam dapat menyebabkan volume darah lebih besar mengalir melalui pembuluh darah dan arteri Anda.

Efek banyaknya sodium dalam tubuh meningkatkan volume darah, sehingga memerlukan ruang lebih luas dalam pembuluh darah. Tekanan terhadap pembuluh darah itu menyebabkan tekanan darah meningkat dan sakit kepala.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3183 seconds (0.1#10.140)