4 Cara Mengatasi Gigitan Pacet saat Naik Gunung, Nomor 3 Paling Mudah

Selasa, 13 Juni 2023 - 16:30 WIB
Cara mengatasi gigitan pacet saat naik gunung penting diketahui. Terutama bagi Anda yang gemar atau hobi menjelajah pegunungan hutan hujan tropis. Foto/Instagram @mayumilaayu
JAKARTA - Cara mengatasi gigitan pacet saat naik gunung penting diketahui. Terutama bagi Anda yang gemar atau hobi menjelajah pegunungan hutan hujan tropis.

Diketahui, pacet atau lintah merupakan sejenis cacing yang umumnya ditemukan di tempat-tempat lembab seperti pegunungan, hutan serta sungai. Hewan berlendir ini punya kemampuan menghisap darah pada manusia.

Ketika naik gunung, tak sedikit para pendaki yang mendadak juga tidak sadar ditempeli pacet. Hewan ini akan menghisap darah, dengan cara menyedotnya melalui mulutnya.

Mulanya ukuran pacet ini sangat kecil dan tipis. Tapi setelah menghisap darah, ia akan berubah jadi besar. Ukurannya bisa melebihi jempol orang dewasa, lho.





Lalu bagaimana caranya mengatasi gigitan pacet saat naik gunung? Berikut ulasannya seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Cara Mengatasi Gigitan Pacet saat Naik Gunung

1. Gunakan Minyak Beraroma Menyengat

Pacet akan menghindari aroma yang menyengat. Misalnya saja minyak kayu putih, bau dan sensasinya cukup panas.

Maka jika ada lintah yang sulit untuk dilepaskan, teteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke atasnya. Maka pacet akan mudah terlepas.

2. Krim Anti Nyamuk

Ketika sudah terlanjur digigit pacet, biasanya hewan ini sulit untuk dilepaskan, tidak akan berhenti sampai dirinya merasa benar-benar kenyang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More