7 Tips Jaga Keseimbangan antara Kehidupan Karier dan Personal

Kamis, 15 Juni 2023 - 20:40 WIB
Menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal menjadi tantangan yang nyata di dunia modern dewasa ini. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal menjadi tantangan yang nyata di dunia modern dewasa ini. Banyak dari kita terjebak dalam siklus kerja yang padat, meninggalkan waktu dan energi yang terbatas untuk kehidupan pribadi.

Namun, memiliki keseimbangan yang sehat antara karier dan kehidupan pribadi sangat penting demi kesejahteraan serta kebahagiaan secara menyeluruh. Bagi Anda yang ingin menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal, berikut tujuh tips yang bisa diterapkan.

1. Menentukan Prioritas Kerja

Agar bisa menjaga keseimbangan kehidupan karir dan personal, tentukan terlebih dulu apa yang benar-benar penting bagi Anda, baik dalam hal karier maupun kehidupan pribadi.



Buat daftar prioritas dan alokasikan waktu Anda secara bijaksana untuk setiap aspek tersebut. Hal ini akan membantu Anda menghindari kelelahan dan kebingungan dalam mengelola waktu.



2. Kurangi Menggunakan Gadget

Menggunakan gadget secara terus menerus dapat berdampak buruk dalam keseimbangan karier dan personal. Jika hal tersebut menjadi kebiasaan, maka Anda tidak dapat bersantai dan mendapatkan kualitas istirahat yang baik.

Gunakan gadget dengan bijak seperti memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia atau mengusahakan untuk mematikan gadget sebelum pukul 8 malam agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

3. Tetapkan Batasan dalam Bekerja

Untuk menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal, tetapkan batasan serta perhatikan jam dalam melakukan pekerjaan. Biasanya pekerjaan dilakukan selama 8 jam per hari agar mendapatkan kualitas kerja yang baik.

Anda harus tegas dan jangan terjebak dalam budaya overworking yang dapat merusak keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More