4 Kegiatan Positif setelah Pensiun, Nomor 3 Bisa Cegah Pikun

Kamis, 22 Juni 2023 - 11:06 WIB
Kegiatan positif setelah pensiun. Foto/Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Masa pensiun merupakan masa di mana seorang lanjut usia (lansia) mulai meninggalkan masa produktifnya karena bekerja.

Namun, seperti kata pepatah dari seorang ahli bernama DR M. K. Sonny, “pensiunlah dari pekerjaan, bukan dari kehidupan,”.

Ya, pepatah itu mungkin bisa menjadi mantra bagi para lansia yang mungkin mulai jenuh dan kaget setelah masuk masa pensiun.

Pasalnya, masa pensiun bukan berarti membuat para lansia tidak seproduktif dulu saat masih bekerja.Nah, agar tetap produktif, ada beberapa kegiatan setelah pensiun yang menarik untuk dilakukan.





Bahkan tak hanya dapat menjaga diri agar tetap produktif, para lansia juga bisa tetap mendapat pemasukan, serta berperan dalam mengurangi angka pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja dengan beberapa kegiatan berikut ini.

Kegiatan Positif setelah Pensiun

1. Melanjutkan hobi

Masa pensiun merupakan masa luang bagi para lansia untuk melanjutkan hobi di waktu muda yang yang mungkin sempat tertunda.

Mungkin, karena tuntutan pekerjaan, mengharuskan hobi tersebut berhenti. Ditambah waktu dan situasi yang tidak memungkinkan untuk menekuni hobi tersebut.

Nah, masa pensiun inilah menjadi waktu emas bagi mereka untuk bisa kembali menekuni hobi yang selama ini tertunda, karena waktu luang yang lebih banyak.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More