Catat! Ini Peluang Usaha usai Pensiun Agar Tetap Produktif

Selasa, 06 Desember 2022 - 23:55 WIB
loading...
Catat! Ini Peluang Usaha usai Pensiun Agar Tetap Produktif
Ada beberapa peluang usaha yang bisa dimanfaatkan setelah pensiun agar tetap produktif. Membuka usaha bukan hal mudah lantaran banyak yang harus diperhatikan. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa peluang usaha yang bisa dimanfaatkan setelah pensiun agar tetap produktif. Namun, membuka usaha bukan hal yang mudah lantaran banyak yang harus diperhatikan.

Dibutuhkan prinsip yang kuat ketika akan atau sedang menjalankan sebuah bisnis yang ada. Seperti halnya yang dilakukan oleh mantan atlet taekwondo yang kini menjadi Wakil Ketua Bidang Olahraga dan Seni Kreatif Pemuda Perindo DKI Jakarta Antonius Hartanto,S.Kom., M.M.

Menurut Anton, semua jenis bisnis sama-sama memiliki peluang yang sama besar. Namun yang menjadi kunci di sini adalah seseorang harus jeli untuk memanfaatkan peluang yang ada.

“Sebenarnya semua bisnis untuk bicara balik modal peluangnya sama sama besar. Tinggal kita harus Jeli memanfaatkan peluang mana yang bisa kita ambil. Karena gini, orang kita ini kalau berbisnis ini yang dipikirin untungnya doang," kata Anton dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Selasa (6/12/2022).

"Giliran rugi, down lepas bisnisnya. Padahal sebenarnya justru dari yang gagal ini kita bisa jadi berhasil. Karena sebetulnya kegagalan itu, keberhasilan yang tertunda. Jadi mau bisnis apapun peluangnya besar," sambungnya.

Baca Juga: Pentingnya Bangun Bisnis Sejak Dini, Bantu Persiapkan Waktu Pensiun

Ia juga menyebutkan filosofinya dalam menjalankan bisnis itu dilakukan layaknya sebuah hobi.

“Saya punya filosofi, dalam menjalankan bisnis itu saya ambil atau lakukan seperti hobi, misalnya taekwondo. Nah itulah, dalam menjalankan bisnis harus dibarengi dengan faktor senang atau Suka. Jadi pada saat scale up kita senang, tapi kalaupun sedang down kita tinggal evaluasi aja," jelas Anton.

Anton mengungkapkan bisnis kecil seperti UMKM, middle, atau makro sekalipun dalam menjalankannya harus dilakukan dengan sepenuh hati, dan tidak setengah-setengah. Karena, disaat seseorang bertemu dengan kegagalan, ia akan langsung melepas bisnisnya begitu saja.

Ia juga memberikan tips yang harus dilakukan untuk orang-orang yang tertarik memulai bisnis di mana yang paling utama itu adalah mental. Untuk menjalankan sebuah bisnis yang mencapai kesuksesan tentu akan dihadapkan dengan risiko yang besar, sehingga dibutuhkan mental yang kuat.

“Untuk memulai bisnis pertama kali itu, niat ya pastinya dan harus ada eksekusi. Nah, yang paling utama itu adalah mental. Jadi, kalau niat eksekusi ya pastinya butuh mentality yang ibaratnya tidak setengah setengah karena bisnis itu tidak hanya bicara untung saja, tetapi juga ada rugi dan itu adalah kamus pasti dalam bisnis," ucap Anton.

Baca Juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, MNC Peduli Penuhi Kebutuhan Pokok

"Jadi kita berbisnis ini dilatih disiplin step by step untuk mengembangkan bisnis kita dari keuntungan yang di dapat tadi," tandasnya.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2573 seconds (11.210#12.26)