7 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi, Salah Satunya Tahan Awet hingga 10 Hari

Selasa, 11 Juli 2023 - 06:30 WIB
Jajanan pasar merupakan jenis makanan ringan tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Foto/Freepik
JAKARTA - Jajanan pasar paling enak dijadikan camilan. Selain murah dan nikmat rasanya, jajanan satu ini juga mudah untuk ditemukan.

Jajanan pasar merupakan jenis makanan ringan tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Bahan baku yang digunakan pun sangat alami, beberapa di antaranya adalah ketan, santan, dan kelapa.

Karena tidak menggunakan bahan pengawet, jajanan pasar jadi lebih cepat basi. Namun demikian, ada kok beberapa jajanan yang bisa bertahan cukup lama.

Berikut tujuh jajanan pasar yang dikenal memiliki kelebihan dalam tingkat keawetannya.



1. Lapis Legit

Jajanan pasar yang tidak mudah basi pertama yaitu lapis legit. Secara umum, jajanan pasar ini bentuknya seperti kue basah yang bertekstur seperti bolu dengan bentuk berlapis-lapis serta punya cita rasa manis dan legit.



Soal ketahanan, lapis legit termasuk jajanan pasar yang awet. Makanan ini bisa bertahan sampai 10 hari di suhu ruang, dan kalau disimpan di kulkas dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya.

2. Onde-Onde

Onde-onde merupakan kue berbentuk bulat yang terbuat dari tepung ketan dan ditaburi wijen. Biasanya jajanan ini diisi dengan berbagai rasa, salah satunya kacang hijau.

Onde-onde cocok disajikan sebagai suguhan karena selain rasanya yang enak, jajanan ini juga mengenyangkan. Untuk masalah keawetan, onde-onde bisa bertahan selama 2 hari dalam suhu ruangan.

3. Serabi

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More