10 Makanan Penyebab Asam Urat yang Tinggi Purin, Bikin Nyeri Sendi Kambuh

Rabu, 12 Juli 2023 - 05:00 WIB
Makanan penyebab asam urat biasanya tinggi purin yang sebaiknya dihindari. Makanan ini bisa menyebabkan nyeri sendi kambuh atau gejala yang sangat menyakitkan. Foto/Getty Images
JAKARTA - Makanan penyebab asam urat biasanya tinggi purin yang sebaiknya dihindari. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan ini bisa menyebabkan nyeri sendi kambuh atau gejala yang sangat menyakitkan.

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi dalam darah menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi.

Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Asam urat dihilangkan dari tubuh dalam urine.

Makanan Penyebab Asam Urat yang Tinggi Purin



Berikut makanan penyebab asam urat seperti dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (12/7/2023).





1. Jeroan



Foto/Getty Images

Hindari jeroan seperti hati, ginjal, usus, babat, paru hingga jantung, yang memiliki kadar purin tinggi dan berkontribusi pada kadar asam urat dalam darah yang tinggi.

2. Daging Merah



Foto/Getty Images

Batasi ukuran porsi daging sapi, domba, dan babi.

3. Makanan Laut



Foto/Getty Images

Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, kerang, sarden, dan tuna mengandung tinggi purin dibandingkan jenis lainnya. Tetapi manfaat kesehatan keseluruhan dari makan ikan lebih besar daripada risiko bagi orang-orang dengan asam urat. Porsi ikan yang moderat dapat menjadi bagian dari diet asam urat.

4. Sayuran



Foto/Getty Images

Penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran tinggi purin, seperti asparagus dan bayam, meningkatkan risiko serangan asam urat atau asam urat berulang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More