8 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Gunakan Obat, Alami Redakan Gejala

Senin, 10 Juli 2023 - 07:03 WIB
loading...
8 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Gunakan Obat, Alami Redakan Gejala
Ada cara menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat. Cara alami ini terbukti bisa meredakan gejala berupa nyeri sendi yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada cara menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat. Cara alami ini terbukti bisa meredakan gejala berupa nyeri sendi yang tak tertahankan dan kerap mengganggu aktivitas sehari-hari.

Perubahan pola makan seperti menghindari alkohol dan membatasi makanan serta minuman tertentu, bisa menjadi cara menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat. Langkah ini bisa Anda coba di rumah sebagai alternatif.

Asam urat merupakan produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam tingkat tinggi di beberapa makanan seperti daging merah, daging organ, ikan sarden dan bir.

Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Gunakan Obat



Berikut cara menurunkan asam urat tanpa menggunakan obat dilansir dari Health Line, Senin (10/7/2023).



1. Batasi Makanan Kaya Purin


Anda dapat membatasi sumber asam urat dalam diet. Makanan kaya purin mencakup beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna.

Hindari atau kurangi asupan makanan Anda seperti daging merah, daging organ, ikan, kerang, dan unggas.

2. Hindari Gula


Kadar asam urat yang tinggi biasanya dikaitkan dengan diet kaya protein, asupan gula juga berperan. Fruktosa adalah gula alami yang ditemukan dalam buah dan madu. Saat tubuh memecah fruktosa, akan melepaskan purin dan meningkatkan kadar asam urat.

Jenis gula lain yang ditambahkan ke makanan termasuk gula meja, sirup jagung, dan sirup jagung fruktosa tinggi. Minuman manis, soda bahkan jus buah segar sering kali tinggi gula. Penelitian menunjukkan penyerapan gula rafinasi yang lebih cepat meningkatkan kadar gula darah dan juga menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)