4 Gejala Asam Urat Tinggi pada Wanita, Nomor 3 Nyeri Jika Ditekan

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:30 WIB
Gejala asam urat tinggi pada wanita umumnya hampir sama seperti yang dialami pria, mulai dari nyeri sendi secara initens hingga tak bisa gerak normal. Foto/Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Gejala asam urat tinggi pada wanita umumnya hampir sama seperti yang dialami pria dewasa. Mulai dari nyeri sendi secara intens hingga tak bisa bergerak normal.

Asam urat atau bisa disebut juga gout adalah bentuk peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat. Antara wanita dan pria, masing-masing memiliki kadar normal asam urat berbeda.

Misalnya saja, kadar asam urat rendah untuk pria di bawah 2.5 mg/dl , sementara wanita di bawah 1.5 mg/dl. Selanjutnya, pada kadar normal, pria bisa mencapai 2.5–7.0 mg/dl dan wanita 1.5–6.0 mg/dl.

Lalu, kadar asam urat kategori tinggi laki-laki mulai dari 7.0 mg/dl ke atas, adapun wanita di atas 6.0 mg/dl. Selain kadarnya berbeda, pria diketahui lebih rentan mengalami asam urat ketimbang wanita.





Walaupun masing-masing punya perbedaan kadar normal asam urat, namun dari segi gejala tidak demikian. Baik pria maupun wanita dapat merasakan gejala asam urat yang serupa, sekalipun sudah pada kadar tinggi.

Gejala asam urat perlu diperhatikan oleh semua kalangan. Tidak hanya orang tua atau lansia saja yang dapat terserang asam urat, tak menutup kemungkinan anak pun bisa merasakannya karena gaya hidup tidak sehat.

Waspadalah jika Anda mulai merasakan beberapa gejala asam urat tinggi seperti berikut ini.

4 Gejala Asam Urat Tinggi pada Wanita

1. Nyeri Sendi Secara Intens

Gejala asam urat tinggi salah satunya berupa nyeri sendiri yang rasa sakitnya dapat bertambah parah dalam 4 hingga 12 jam. Biasanya, rasa nyeri muncul di bagian jempol kaki, maupun sendi lain seperti lutut, siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan jari.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More