Apakah Kopi Baik untuk Asam Urat? Ini Penjelasannya

Sabtu, 29 Juli 2023 - 20:40 WIB
Banyak orang percaya bahwa kopi baik untuk asam urat. Sebagian besar studi penelitian ilmiah menunjukkan kopi dapat berperan dalam menurunkan risiko asam urat. Foto/Getty Images
JAKARTA - Banyak orang percaya bahwa kopi baik untuk asam urat . Sebagian besar studi penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kopi dapat berperan dalam menurunkan risiko asam urat.

Kopi mengandung berbagai macam senyawa bermanfaat, termasuk mineral, polifenol, dan kafein. Kopi dianggap mengurangi risiko asam urat dengan menurunkan kadar asam urat melalui beberapa mekanisme.

Kopi dapat menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan kecepatan tubuh mengeluarkan asam urat. Kopi juga diduga bersaing dengan enzim yang memecah purin dalam tubuh. Ini dapat menurunkan tingkat pembentukan asam urat.



Dilansir dari Health Line, Sabtu (29/7/2023) ulasan terbaru dari penelitian tersebut menemukan bahwa dalam banyak kasus, minum kopi dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan episode serangan yang lebih sedikit.



Dalam satu studi Jepang disebutkan, peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi memiliki hubungan terbalik dengan kadar asam urat. Mereka yang minum kopi paling banyak kira-kira lima cangkir per hari memiliki kadar asam urat terendah di antara peserta penelitian.

Meskipun kopi dan teh diuji, hasil ini tampaknya hanya berlaku untuk kopi. Bukti ini menyiratkan bahwa senyawa dalam kopi selain kafein dapat berperan dalam menurunkan kadar asam urat.

Tinjauan sistematis lainnya mendukung gagasan ini. Dalam studi yang dirilis pada 2014, para peneliti menyebutkan dua studi kopi dan asam urat dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional Ketiga.

Di salah satu studi, konsumsi kopi dan teh dianalisis di samping kadar asam urat serum. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi, dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan risiko hiperurisemia.



Sementara itu, asam urat merupakan radang sendi yang memengaruhi persendian tubuh. Gejala yang paling umum di kaki dan jari kaki. Asam urat disebabkan oleh kondisi yang disebut hiperurisemia.

Ini terjadi ketika terlalu banyak asam urat menumpuk di dalam tubuh. Asam urat dibuat ketika senyawa kimia yang disebut purin dipecah. Ketika hiperurisemia terjadi, asam urat dapat menumpuk kristal di persendian, memicu pembengkakan dan peradangan yang menyakitkan.
(dra)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More