Asam Lambung Rentan Menyerang Generasi Muda, Kenali Penyebabnya

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 21:15 WIB
Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung kerap menyerang generasi muda. Foto/ Iqbal Dwi Purnama.
JAKARTA - Penyakit Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung kerap menyerang generasi muda. Hal itu diungkap Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Gastroenterohepatologi RS Pondok Indah (RSPI) Puri Indah dr. Duddy Mulyawan I. K. Djajadisastra, Sp. P. D, Subsp. G. E. H.

Dalam seminar dan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar PT MNC Life Assurance (MNC Life) bersama Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Puri Indah, Duddy mengatakan penyebab anak muda mengalami asam lambung.





Menurutnya, generasi muda, terutama yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan, biasanya mencicipi berbagai jenis makanan alias wisata kuliner. Padahal, kegiatan cukup memengaruhi kinerja lambung dan akhirnya menimbulkan GERD.

"Yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita bisa menjadi cukup bijak untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan dapat mengonsumsi makanan dengan aman sehingga tidak menimbulkan penyakit di kemudian hari," ujar Duddy di iNews Tower, Jumat (4/8/2023).

Deddy menjelaskan penyakit GERD sendiri adalah suatu kondisi penyakit yang terjadi akibat adanya asam lambung yang mengalami aliran balik ke kerongkongan, dapat sampai ke gigi bahkan sampai ke paru-paru seseorang.



Karena lebih banyak menjangkit para anak muda, akhirnya penyakit ini dapat mempengaruhi produktivitas pekerja ketika kondisi tubuh kurang fit.

Deddy berharap dengan penyelenggaraan event seminar yang diselenggarakan bersama MNC Life ini bisa memberikan edukasi yang lebih dalam kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya yang paling mudah adalah dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin.

"Diharapkan dengan adanya kerja sama yang cukup baik ini, kita akan memiliki produktivitas yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya dan dapat bekerja dengan lebih baik," ujar dia.
(tdy)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More