Heboh Minum Es Teh usai Makan Bakso Disebut Berbahaya, Ini Faktanya!

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 13:33 WIB
loading...
Heboh Minum Es Teh usai Makan Bakso Disebut Berbahaya, Ini Faktanya!
Media sosial dihebohkan dengan video yang menyebutkan minum es teh usai makan bakso bisa berbahaya untuk kesehatan. Ini karena mengurangi penyerapan nutrisi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Media sosial dihebohkan dengan video yang menyebutkan bahwa minum es teh usai makan bakso bisa berbahaya untuk kesehatan. Ini karena minuman tersebut akan mengurangi penyerapan nutrisi.

Tanin, senyawa yang terkandung dalam es teh dipercaya dapat mengurangi penyerapan nutrisi yakni zat besi hingga 60 persen dari bakso yang dikonsumsi. Sementara itu, zat besi sendiri penting untuk pembentukan darah.

Dilansir dari Huffpost, Jumat (4/8/2023) tanin mengganggu atau memperlambat penyerapan zat besi, zinc, dan kalsium. Hal ini dapat mengakibatkan kekurangan mineral yang memicu segudang komplikasi kesehatan.

Pada beberapa orang, tanin juga bisa memicu sembelit. Oleh karena itu, orang yang kekurangan mineral harus menahan diri untuk tidak minum teh secara langsung setelah makan.



Zat besi adalah mineral penting yang membantu mengangkut oksigen di sekitar darah. Terlalu sedikit zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan kekebalan tubuh.

Diketahui bahwa sumber makanan terbaik yang mengandung zat besi termasuk daging merah, kacang kering dan lentil, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta roti gandum dan sereal. Zat besi juga penting untuk gadis dan wanita yang sedang mengalami menstruasi.

Adapun makanan yang dapat memudahkan penyerapan zat besi, seperti makanan kaya vitamin C. Makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk dan capsicum dikenal karena kemampuannya meningkatkan penyerapan zat besi non-heme (sumber nabati).

Selain itu, penelitan juga menemukan bahwa mengonsumsi teh selama makan bisa menurunkan ketersediaan katekin bagi tubuh. Ini merupakan senyawa yang terdapat dalam teh dan memainkan peran penting dalam berbagai profil fisiologis



Oleh karena itu, jika ingin minum teh dengan atau setelah makan pastikan tidak menggunakan sebarang teh. Dilansir dari The Health Site, Anda dapat memilih antara teh hijau atau teh jahe karena dapat membantu pencernaan.

Sedangkan, orang yang menderita kekurangan zat besi harus membatasi asupan teh selama makan. Mereka juga disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah komplikasi kesehatan.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2995 seconds (0.1#10.140)
pixels