10 Ciri-ciri Gagal Ginjal yang Tidak Disadari, Salah Satunya Sulit Tidur

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:00 WIB
Ciri-ciri gagal ginjal sering tidak disadari banyak masyarakat. Sebab gejala penyakit ini berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal lambat. Foto/Getty Images
JAKARTA - Ciri-ciri gagal ginjal sering tidak disadari banyak masyarakat. Sebab tanda dan gejala penyakit ini berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal berlangsung lambat.

Gagal ginjal sendiri merupakan kondisi hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Ginjal menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah, yang kemudian dibuang melalui urine.

Gagal ginjal stadium lanjut dapat menyebabkan tingkat cairan, elektrolit, dan limbah yang berbahaya menumpuk di tubuh. Pada tahap awal penyakit ini, biasanya akan sedikit tanda atau gejala yang muncul.

Ciri-ciri Gagal Ginjal yang Tidak Disadari



Akibatnya, Anda mungkin tidak menyadari bahwa mengidapnya sampai kondisi lajut. Berikut ciri-ciri gagal ginjal yang tidak disadari dilansir dari Kidney, Sabtu (5/8/2023).





1. Lelah, Kurang Berenergi dan Sulit Konsentrasi



Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari gagal ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Sulit Tidur

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More