Makan Ikan Teri Bisa Sebabkan Asam Urat, Mengandung Purin Tinggi

Kamis, 10 Agustus 2023 - 07:24 WIB
Salah satu makanan yang bisa memicu terjadinya asam urat adalah ikan asin. Foto/ seriouseats.
JAKARTA – Salah satu makanan yang bisa memicu terjadinya asam urat adalah ikan asin. Ini lantaran ikan asin mengandung putin tinggi.

Jadi, penting bagi penderita asam urat untuk menghindari makan-makanan dengan kadar purin tinggi.



Mengkonsumsi makanan tinggi purin, memiliki potensi untuk meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Kandungan purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, kerang, kepiting dan ikan teri.

Kaitan Ikan Teri dan Asam Urat

Dikutip Naomedical pada Kamis (10/8/2023), ikan teri mengandung purin tinggi, zat alami yang ditemukan dalam makanan tertentu. Ketika purin dipecah dalam tubuh, mereka menghasilkan asam urat sebagai produk sampingan.



Pada individu dengan asam urat, tubuh tidak dapat menghilangkan asam urat secara efektif. Ini menyebabkan penumpukannya pada persendian.

Mengonsumsi makanan yang tinggi purin, seperti ikan teri, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh dan memicu serangan asam urat.

Meskipun tidak semua orang dengan asam urat terpengaruh setelah makan ikan teri, penting bagi penderita asam urat untuk memperhatikan asupan purin mereka.

Gejala Asam Urat

Serangan asam urat biasanya terjadi secara tiba-tiba dan seringkali pada malam hari. Gejala yang paling unum terjadi adalah nyeri hebat pada sendi yang terkena, biasanya di jempol kaki. Adapun gejala lainnya seperti berikut ini:
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More