5 Minuman yang Merusak Ginjal menurut Penelitian, Ayo Hindari Konsumsinya Mulai Sekarang!

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 07:30 WIB
Minuman yang merusak ginjal wajib dibatasi konsumsinya. Foto/iStock
Minuman yang merusak ginjal wajib dibatasi konsumsinya. Ya, beberapa jenis minuman diketahui dapat merusak ginjal bila dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama.

Ginjal memainkan peran penting dalam membuang racun dan cairan ekstra dari tubuh. Organ ini juga membantu menjaga keseimbangan air, garam, serta mineral yang sehat di dalam darah, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Namun, gaya hidup yang tidak sehat berpotensi merusak ginjal. Salah satunya dalam hal pemilihan minuman.







Beberapa jenis minuman diketahui dapat merusak ginjal, berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan. Apa saja itu? Mengutip laman Eat This Not That, Sabtu (26/8/2023), berikut di antaranya.

Minuman yang Merusak Ginjal

1. Soda

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology menemukan bahwa di antara 2.382 peserta dalam studi Tehran Lipid dan Glukosa, mereka yang minum lebih dari empat minuman ringan bergula (soda) dalam seminggu memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit ginjal dibandingkan yang hanya minum setengahnya. Yakni satu porsi soda atau kurang setiap minggu.

Sementara itu, temuan yang diterbitkan dalam jurnal Epidemiology menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi dua atau lebih soda setiap hari, yang biasanya mengandung asam fosfat, berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis dibandingkan mereka yang menghindari minuman tersebut.

2. Soda Diet

Soda diet ternyata juga sama efeknya dengan soda. Menurut sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, di antara 3.318 wanita yang diobservasi dalam penelitian Nurses' Health Study, mereka yang minum dua atau lebih soda dengan pemanis buatan sehari, memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami penurunan fungsi ginjal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More