5 Minuman yang Merusak Ginjal menurut Penelitian, Ayo Hindari Konsumsinya Mulai Sekarang!

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 07:30 WIB


3. Jus Tinggi Gula

Dengan kandungan gula tinggi serta kalori yang banyak, jus bukanlah "teman" buat ginjal Anda. Hal itu diketahui dari sebuah penelitian, di mana di antara peserta studi Lipid dan Glukosa Teheran, orang yang meminum minuman manis memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang jauh lebih tinggi dibandingkan yang jarang meminum minuman manis.

4. Alkohol

Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menemukan bahwa di antara kelompok yang terdiri dari 6.259 orang dewasa, mereka yang mengaku sebagai peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi. Ini merupakan indikator kandungan protein albumin dalam urin seseorang dan tanda penyakit ginjal.

5. Minuman Vitamin C

Sebuah studi yang dipublikasikan American Journal of Kidney Diseases menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis tinggi secara terus-menerus dapat menimbulkan risiko terhadap ginjal.

Hal tersebut ditemukan dalam penelitian pada 2017 yang melibatkan 156.735 peserta perempuan dan 40.536 peserta laki-laki. Hasilnya, mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis tinggi memberikan peningkatan risiko penyakit batu ginjal, terutama pada partisipan laki-laki.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More