9 Manfaat Cengkih yang Menakjubkan, Atasi Peradangan hingga Mengatur Gula Darah

Minggu, 17 September 2023 - 12:03 WIB
Cengkih merupakan rempah-rempah dengan aroma yang kuat dan kerap digunakan untuk memperkaya bumbu masakan. Cengkeh juga bisa meningkatkan kesehatan. Foto/ pinkvilla.
JAKARTA – Cengkih merupakan rempah-rempah dengan aroma yang kuat dan kerap digunakan untuk memperkaya bumbu masakan. Tidak itu saja, cengkeh juga bisa meningkatkan kesehatan.

Cengkih bersifat antagonis terhadap infeksi, bersifat antibakteri, steril dan meredakan peradangan yang menyakitkan. Cengkeh juga sebagai sumber mineral, lemak tak jenuh omega-3, serat dan vitamin.



Manfaat Cengkih

1. Sifat Anti-inflamasi

Eugenol adalah zat antiinflamasi ampuh yang ditemukan dalam rempah cengkeh. Eugenol cengkeh diketahui menurunkan penanda pemicu peradangan dalam darah—-sitokin yang dapat membantu peradangan, seperti pada arthritis. Hal ini juga berlaku untuk minyak esensial ekstrak cengkeh, suatu bentuk umum dari cengkeh yang dapat melawan peradangan pada mulut dan tenggorokan.

2. Meredakan Rasa Sakit

Efek pereda nyeri cengkeh disebabkan oleh senyawa aktif eugenol. Ini adalah analgesik alami dengan sifat anti-inflamasi dan anestesi lokal (mati rasa). Oleh karena itu, ekstrak cengkeh untuk sementara dapat melumpuhkan ujung saraf lokal jika dioleskan secara topikal.



Efek pereda nyeri ini membantu mengobati kondisi seperti sakit gigi, nyeri otot, dan sakit kepala. Sifat anti-inflamasinya dapat mencegah produksi zat inflamasi seperti prostaglandin dan sitokin, yang memicu rasa sakit pada tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Cengkih memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan analgesik yang dapat membantu meredakan sakit gigi, menyegarkan napas, dan meningkatkan kesehatan mulut.

Anda bisa mengoleskan sedikit minyak ekstrak cengkeh pada kapas dan menempelkannya pada area yang sakit untuk meredakan sakit gigi dan pembengkakan gusi. Namun jika tidak membaik, carilah bantuan medis.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More