7 Efek Samping Daun Sirih yang Harus Diwaspadai, Bisa Bikin Kecanduan dan Kanker Mulut

Selasa, 12 September 2023 - 16:46 WIB
loading...
7 Efek Samping Daun Sirih yang Harus Diwaspadai, Bisa Bikin Kecanduan dan Kanker Mulut
Efek samping daun sirih harus diwaspadai bagi banyak orang. Daun yang sering digunakan pengobatan tradisional ini juga bisa menimbulkan efek samping serius. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Efek samping daun sirih harus diwaspadai bagi banyak orang. Sebab tanpa disadari, daun yang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional berbagai penyakit ini juga bisa menimbulkan efek samping serius seperti pengobatan lainnya.

Saat Anda mengunyah, daun sirih melepaskan bahan kimia aktif tertentu seperti katekolamin. Bahan kimia ini berinteraksi dengan sekresi pinang dan jeruk nipis lainnya jika Anda memiliki sirih.

Interaksi kimia ini dapat menyebabkan efek samping yang serius. Apalagi, batas pasti asupan harian daun sirih belum ditetapkan secara ilmiah.

Efek Samping Daun Sirih yang Harus Diwaspadai





Berikut efek samping daun sirih yang harus diwaspadai dilansir dari Style Craze, Selasa (12/9/2023).

1. Memiliki sifat psikoaktif
2. Mempengaruhi sistem saraf pusat (SSP)
3. Menyebabkan kanker mulut dan esofagus (pipa makanan)
4. Ganggu mikrobioma mulut (mikroba baik di mulut Anda)
5. Dapat berdampak negatif pada kehamilan, persalinan, dan perkembangan janin
6. Terkait dengan masalah kecanduan dan penarikan diri
7. Dapat menyebabkan euforia

Karena efek berbahaya ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara terbuka menyatakan bahwa produk sirih merupakan ancaman kesehatan bagi mereka yang mengonsumsinya. Daun sirih dapat dikonsumsi setiap hari tetapi dalam jumlah sedang.



Semua orang dewasa yang sehat dapat mengonsumsi daun sirih dengan aman. Namun, ibu hamil atau menyusui sebaiknya membatasi konsumsinya atau tidak mengonsumsinya sama sekali.

Di sisi lain, daun sirih telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Daun jenis dipercaya ampuh mengobati pilek dan batuk, mengelola diabetes, meningkatkan kesehatan gigi, dan mempercepat penyembuhan luka.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)