4 Manfaat Buah Salak Penurun Kolesterol, Apa Saja?

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 04:38 WIB

3. Perkecil Kerusakan Endotel, Indikator Kadar Kolesterol Tinggi

Riset ilmiah pernah dilakukan tim dari Universitas Negeri Yogyakarta pada 2017. Dalam riset tersebut, para peneliti memberikan jus salak kepada hewan mencit (sejenis tikus). Hasilnya, hewan kecil tersebut mengalami kerusakan total endotel arteri koronaria hanya 11,11%. Artinya kerusakan total endotel arteri koronaria yang dapat mengindikasikan terjadinya kadar kolesterol tinggi itu hanya sedikit atau lebih kecil dibandingkan dengan mencit yang tak diberi jus salak, di mana kerusakan endotel arterinya mencapai 25%.

4. Hambat Pembentukan Kolesterol di Dalam Darah

Buah salak mengandung isoflavon, vitamin C, dan serat kasar yang dapat menghambat pembentukan kolesterol di dalam darah. Isoflavon dapat mengganggu pembentukan kolesterol.

Sementara vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, dapat meredam radikal bebas dari pembakaran lemak dan mencegah kerusakan membran endotel pembuluh darah.

Adapun kandungan serat kasar berfungsi mencegah kolesterol terserap melalui dinding usus. Serat tersebut mengikat kolesterol, lalu membuangnya bersama feses.

Pada dasarnya, sayur serta buah yang mengandung vitamin C, serat, dan isoflavin dapat mengatasi gejala kolesterol tinggi. Salak mungkin saja dapat mengontrol kolesterol karena mengandung vitamin C dan serat. Namun, khasiat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More