10 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Jika Ingin Panjang Umur

Minggu, 29 Oktober 2023 - 19:40 WIB
Sederet makanan sebaiknya tidak boleh dikonsumsi jika ingin panjang umur. Membuat pilihan makanan yang sehat dapat memperpanjang usia hingga puluhan tahun. Foto/Getty Images
JAKARTA - Sederet makanan sebaiknya tidak boleh dikonsumsi jika ingin panjang umur . Membuat pilihan makanan yang sehat dan cerdas dapat memperpanjang usia, dan bahkan hingga puluhan tahun.

Adapun makanan yang tidak boleh dikonsumsi agar panjang umur meliputi daging olahan, permen, dan soda. Bahkan, makanan tersebut dibatasi di Zona Biru yaitu wilayah di mana penduduknya cenderung hidup lebih lama dan memiliki lebih sedikit masalah kesehatan.

Menghindari makanan ini terkait dengan panjang umur serta menurunkan risiko penyakit kronis. Mulai dari penyakit jantung, kanker, diabetes dan banyak lagi. Berikut makanan yang tidak boleh dikonsumsi jika ingin panjang umur dilansir dari The Healthy, Senin (30/10/2023).

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Jika Ingin Panjang Umur







1. Daging Olahan



Foto/Getty Images

Konsumsi daging olahan secara konsisten dari waktu ke waktu telah dikaitkan dengan banyak jenis penyakit. Termasuk penyakit jantung dan kanker. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen.

Dua puluh dua ahli dari sepuluh negara meninjau lebih dari 800 penelitian ilmiah dan menyimpulkan bahwa mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari meningkatkan risiko kanker kolorektal sebesar 18 persen. Selain itu, kandungan natrium yang tinggi pada sebagian besar daging olahan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah secara akut dan jangka panjang.

2. Soda



Foto/Getty Images

Bahan kimia penyebab yang ditemukan di sebagian besar produk yang mengandung pemanis buatan, termasuk soda diet, adalah aspartam, yang telah dikaitkan dengan tumor otak serta beberapa jenis kanker yang berhubungan dengan darah. Seperti leukemia dan limfoma.

Aspartat terurai menjadi neurotransmitter asam aspartat, yang tanpa terikat dengan asam amino lain bersifat neurotoksik.

3. Produk Gula Putih dan Tepung Putih



Foto/Getty Images

Makanan berwarna putih atau makanan yang telah diolah, dihaluskan, dan sering kali dibiarkan tampak putih tidak sehat untuk dicerna oleh tubuh. Makanan seperti tepung, roti, biskuit, nasi putih, dan pasta mengandung terlalu banyak karbohidrat sederhana yang dapat diubah menjadi gula darah dengan cepat dan dapat menyebabkan resistensi insulin serta menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Secara fisiologis, gula menyebabkan lonjakan hormon insulin dan juga mengubah cara hati memetabolisme bentuk sederhana gula, yaitu glukosa. Gula meningkatkan stres oksidatif dan peradangan internal yang mirip dengan karat. Karat internal ini menyebabkan penuaan, kerutan, dan lain-lain, karena merusak sel. Gula juga membebani kelenjar adrenal dan sistem kekebalan tubuh.

4. Makanan dengan MSG



Foto/Getty Images

Penguat rasa ini membuat makanan terasa sangat enak sehingga Anda tidak bisa berhenti memakannya. Namun hal ini telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk sakit kepala, kulit memerah, berkeringat, wajah tertekan atau sesak, mati rasa, kesemutan atau terbakar, jantung berdebar, nyeri dada, mual dan banyak lagi.

Disarankan untuk memilih makanan berlabel tanpa MSG tambahan atau mengganti makanan tersebut dengan kacang-kacangan dan biji-bijian organik yang tinggi magnesium.

5. Makanan Tinggi Garam dan Lemak



Foto/Getty Images
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More