Bikin Outfit Makin Kece, Ternyata Ini Fakta Menarik Celana Denim!

Selasa, 31 Oktober 2023 - 17:00 WIB
Foto/MNC Media
JAKARTA - Mau outfit terlihat kece? Gampang, padukan saja celana denim dengan baju kesayangan Anda! Selain mudah dipadupadankan, ternyata ada sederet fakta celana denim yang menarik untuk diketahui lho!

Sebagai produk budaya yang sudah berusia sekitar tiga ratus tahun, celana jeans telah mengalami evolusi dalam mengikuti perubahan mode dari masa ke masa, hingga menjadi seperti celana seperti yang kita kenal seperti sekarang ini.

Penasaran bagaimana sejarah celana jeans dan sederet fakta menarik lain? Simak ulasannya berikut ini!

Fakta Menarik Celana Denim

1. Ditemukan di Genoa Italia

Bahan untuk membuat celana jeans pertama kali ditemukan di Kota Genoa, Italia. Denim Hunter menuliskan, nama jeans diyakini berasal dari kata Genes atau orang-orang yang Genoa yang datang dari Italia. Genoa sendiri adalah pusat perdagangan terkenal pada abad ke-17 di dunia.





Pada masa itu, para penjelajah dan pedagang dari dari sana menjual barang-barang mereka ke seluruh Eropa, terutama ke Inggris dan Prancis. Salah satu hal yang membuat Genoa menjadi populer adalah kain katun biru tua yang kokoh, dan sangat cocok untuk membuat pakaian kerja yang sulit bagi nelayan, pelaut, pekerja dok, dan penambang.

2. Dulunya Dipakai para Penambang Emas

Sejarah evolusi dan perkembangan celana jenis ini tidak terlepas dari para penambang emas yang bekerja di wilayah di California, Amerika Serikat. Ketika itu, sekitar tahun 1840-an banyak penambang yang beramai-ramai mendulang emas di kota tersebut.

Karena sering melakukan aktivitas fisik, maka celana mereka cepat rusak. Para penambang pun mulai mencari bahan yang kuat dan tidak gampang robek, maka digunakanlah bahan dari denim yang memiliki tekstur tebal dan kuat.

3. Warna Birunya Berasal dari Tumbuhan Indigofera

Adapun warna biru denim sendiri baru populer setelah pakaian jeans mulai eksis. Warna tersebut berasal dari pewarna biru indigo yang memberikan warna biru khas pada kain denim, bahan yang digunakan untuk membuat jeans. Hal inilah yang menjadi karakteristik khusus yang membedakan biru denim dari biru lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More