Makna dan Asal Batik Parang yang Dipakai 3 Bacapres saat Bertemu Presiden Jokowi

Selasa, 31 Oktober 2023 - 21:05 WIB
Bacapres Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto kompak mengenakan batik parang saat melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo pada Senin (30/10/2023). Foto/Antara
JAKARTA - Motif batik parang memiliki makna filosofis yang mendalam. Jenis motif batik ini dipakai oleh tiga bakal calon presiden (

Batik parang sendiri memiliki sejumlah varian motif, di mana setiap motifnya memiliki maknanya tersendiri. Berikut ini beberapa penjelasan tentang makna batik tersebut.

1. Simbol Keseimbangan



Motif parang sering kali diinterpretasikan sebagai simbol keseimbangan dalam kehidupan. Garis-garis diagonal yang berulang dapat menggambarkan harmoni antara berbagai elemen kehidupan, seperti kebaikan dan keburukan, hidup dan mati, dan sebagainya.

2. Perlambang Kebijaksanaan





Motif parang juga dianggap sebagai simbol kebijaksanaan. Pola berulang yang kompleks ini dapat menggambarkan kompleksitas dalam pengambilan keputusan dan perlunya kebijakan dalam menjalani kehidupan.

3. Kaitan dengan Warisan Budaya



Motif Batik Parang sering kali dipakai dalam upacara adat, pernikahan, dan acara-acara penting lainnya sebagai simbol keberlanjutan dan warisan budaya.

4. Makna Spiritual

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More