Makna dan Filosofi Batik Parang yang Dikenakan Jokowi di Istana Berbatik, Kerap Dipakai Para Raja!

Minggu, 01 Oktober 2023 - 22:30 WIB
loading...
Makna dan Filosofi Batik Parang yang Dikenakan Jokowi di Istana Berbatik, Kerap Dipakai Para Raja!
Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi mengenakan batik penuh makna saat menghadiri Istana Berbatik di Jakarta. Foto/ MPI.
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi mengenakan busana batik penuh makna saat menghadiri Istana Berbatik di depan halaman Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu (1/10/2023) malam.

Acara yang digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober itu, Jokowi mengenakan batik coklat dengan detail motif batik parang barong seling kembang alias parang barong seling kembang udan riris.

Ternyata, filosofi di balik Motif Batik yang dikenakan Jokowi kali ini cukup menarik. Motif parang sendiri memiliki makna ‘memerangi’.



Motif ini memiliki makna, di mana seorang pemimpin harus berani bersikap tegas memerangi ketidak benaran yang ada. Motif batik parang biasa dikenakan oleh para Raja.

Sementara itu, motif Udan Riris memiliki makna ‘hujan gerimis’ yang memberikan kesejukan di tengah kondisi yang gersang atau kering.

Sementara, Ibu Iriana Jokowi tampak mengenakan atasan blouse hitam yang dipadukan dengn outer motif truntum serta bawahan berupa kain batik dengan motif parang.

Truntum diambil dari Bahasa Jawa “taruntum” yang berarti tumbuh kembali atau bersemi kembali. Nah, asal usul batik ini selalu dikaitkan dengan cerita Ratu Kencana.

Batik bergambar kuntum atau kembang di langit ini punya menyimbolkan cinta dan kasih sayang yang selalu bersemi di antara pasangan.

Di acara ini, Jokowi dan Iriana menyalami dan menyapa tamu undangan. Kehadiran Jokowi pun disambut tepuk tangan antusias dari tamu undangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)