Kenali Bahaya Akibat Ketergantungan Pakai Earphone

Senin, 06 November 2023 - 13:52 WIB
Ketergantungan pakai earphone dapat memicu berbagai gangguan pada telinga. Bahkan, lebih parahnya lagi dapat menyebabkan ketulian. Foto/MNC Media
JAKARTA - Ketergantungan pakai earphone dapat memicu berbagai gangguan pada telinga. Bahkan, lebih parahnya lagi dapat menyebabkan ketulian.

Earphone memungkinkan kita untuk menikmati musik, podcast, dan berkomunikasi dengan lebih praktis. Namun, penggunaan earphone konvensional yang dimasukkan ke dalam telinga terlalu sering dapat berdampak buruk pada kesehatan telinga.

Bahaya Penggunaan Earphone Konvensional



Earphone yang dimasukkan ke dalam telinga adalah pilihan yang umum digunakan oleh banyak orang. Meskipun memberikan pengalaman audio yang luar biasa, penggunaan secara berlebihan atau tidak bijak dapat memiliki dampak yang serius pada kesehatan telinga, di antaranya sebagai berikut:

1. Kerusakan Telinga





Memasukkan earphone ke dalam telinga dapat menekan membran timpani, yang pada gilirannya dapat merusak telinga. Ini dapat mengakibatkan hilangnya pendengaran, ketidaknyamanan, dan bahkan tinnitus (denging di telinga).

2. Infeksi Telinga



Penggunaan earphone konvensional yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan kelembapan di dalam telinga, yang meningkatkan risiko infeksi telinga. Infeksi telinga dapat sangat menyakitkan dan memerlukan perawatan medis.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More