7 Manfaat Minum Air Dingin dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Senin, 06 November 2023 - 08:50 WIB
loading...
7 Manfaat Minum Air Dingin dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan
Beberapa orang suka minum air dingin untuk memuaskan dahaga. Meskipun air panas baik untuk menurunkan berat badan, air dingin juga bermanfaat untuk kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa orang lebih suka minum air dingin untuk mendinginkan dan memuaskan dahaga. Meskipun air panas dianggap lebih baik untuk menurunkan berat badan, namun minum air dingin juga bermanfaat untuk kesehatan .

Ahli gizi Napuur Patil mengatakan bahwa minum air dingin adalah kebiasaan umum bagi banyak orang. Terutama selama hari-hari musim panas atau setelah berolahraga berat.

“Karena air dingin membantu Anda merasa segar,” kata Napuur Patil.

Manfaat Minum Air Dingin dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan



Berikut manfaat minum air dingin dan efek sampingnya untuk kesehatan dilansir dari Health Shots, Senin (6/11/2023).



Manfaat Minum Air Dingin


1. Terhidrasi


Air dingin lebih menyegarkan dan dapat meningkatkan asupan air Anda secara keseluruhan dibandingkan dengan air hangat. Air dingin juga dapat membantu mengurangi masalah keringat dan mencegah risiko dehidrasi. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan dan menghindari fluktuasi pencernaan dan suhu tubuh.

2. Peningkatan Metabolisme


Air dingin dapat meningkatkan metabolisme secara signifikan. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti Jerman mengungkapkan bahwa mengonsumsi enam cangkir air dingin setiap hari dapat meningkatkan metabolisme istirahat Anda, sehingga menyebabkan pembakaran sekitar 50 kalori per hari, yang setara dengan jumlah yang Anda bakar jika berjalan kaki 15 menit. Peningkatan metabolisme ini berkontribusi pada penurunan berat badan yang efektif dan sehat.

3. Mendetoksifikasi Tubuh


Air dingin dianggap sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh dengan membuang racun dan mencegah penumpukannya, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Namun, untuk merasakan manfaat detoks ini, penting untuk menjaga hidrasi yang tepat. Jika tidak, Anda akan mengalami gejala seperti sakit kepala, pusing, dan kelelahan.

4. Pemulihan usai Olahraga


Setelah berolahraga berat, tubuh mengalami peradangan otot dan peningkatan suhu tubuh. Air dingin membantu mendinginkan tubuh dan mengurangi suhu inti, mengurangi panas berlebih dan membantu pemulihan otot pasca latihan atau bahkan sebelum latihan. Anda juga dapat meluangkan waktu di bak mandi es setelah berolahraga agar tubuh pulih lebih cepat dan mengurangi rasa sakit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)