Awas! Karang Gigi Bisa Picu Gangguan pada Jantung dan Lambung

Selasa, 07 November 2023 - 06:06 WIB
Kebutuhan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi tidak bisa dianggap sepele. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Kebutuhan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi tidak bisa dianggap sepele. Bukan hanya bisa memicu gigi berlubang atau masalah gigi lain, ternyata gigi yang tidak sehat juga memiliki hubungan terhadap kesehatan jantung dan lambung.

Bahkan, seperti yang dilansir di laman Siloam Hospital, Selasa (7/11/2023), orang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk memiliki 2-3 kali risiko terkena pemyakit kardiovaskular atau serangan jantung. Hal ini dikarenakan infeksi gusi (periodontitis) yang disebabkan bakteri akibat penumpukan plak, mampu membentuk kantong berisi nanah di area sekitar akar gigi.

Jika tidak segera diatasi, infeksi gusi ini bisa membuat jaringan dan tulang pada gusi mengalami gangguan, kerusakan pada gigi, bahkan masuk ke dalam aliran darah serta menyerang organ tubuh lain seperti jantung.

Itu bisa terjadi karena pembuluh darah yang terkandung dalam gusi mampu mengalirkan bakteri ke anggota tubuh lainnya, sehingga meningkatkan dan memengaruhi penyempitan pembuluh darah.







Hal senada diungkapkan oleh Dokter Gigi dari Satu Dental drg. Agrippina Maria. Menurutnya, salah satu masalah pada gigi yang bisa berhubungan langsung terhadap kesehatan jantung adalah masalah karang gigi.

“Kalau yang kardiovaskular itu berarti jantung. Nah jantung itu biasa kalau ada karang gigi. Karang gigi itu dari jurnal, bakterinya bisa nempel ke selaput jantung,” ujar drg. Agrippina saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Karena itu, drg. Agrippina menyarankan agar masyarakat tidak menganggap remeh pentingnya menjaga kebersihan karang gigi. Bahkan, perawatan gigi satu ini harus dilakukan secara rutin.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More