Shopee 11.11 Big Sale Bawa Pertumbuhan Brand Lokal dan UMKM, Pesanan Ekspor Meningkat Hingga 4 Kali Lipat

Rabu, 15 November 2023 - 07:50 WIB
Antusiasme tersebut terlihat dari peningkatan jumlah sesi Shopee Live oleh brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye hingga 6 kali lipat. Aspek ini semakin menunjukan bahwa live streaming kini telah menjadi wadah untuk penjual dalam membangun komunitas dengan para pelanggan.

Program lain yang kini semakin digemari oleh masyarakat yaitu Shopee Affiliate Program yang kini turut membantu penjual lebih efektif dalam memperluas jangkauan melalui kolaborasi bersama para kreator. Mendorong peningkatan eksistensi brand lokal sekaligus memberikan kemudahan untuk pengguna dalam berbagi inspirasi produk ternyata menjadi ladang baru untuk penghasilan tambahan.

Pada puncak kampanye 11.11 ini, semakin banyak penjual yang merasakan manfaat dan keuntungan dari program tersebut, tercatat peningkatan jumlah produk dari brand lokal dan UMKM yang telah dipromosikan melalui Shopee Affiliate mencapai lebih dari 9x lipat.

Tren Belanja Konsumen Terhadap Produk Lokal dari Berbagai Pulau di Indonesia

Semangat konsumenterhadap pertumbuhan bisnis lokal dan kreativitas serta kualitas produk-produk dari pelaku usaha lokal begitu terasa di sepanjang kampanye Big Sale. Tidak hanya sebagai momen mencari promo menggiurkan dan mencari banyak keuntungan, namun juga menggambarkan bagaimana para penjual di berbagai pulau Indonesia bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee. Maka dari itu, tak heran jika beberapa pulau Indonesia memiliki tren produk terlarisnya masing-masing:

Seperti pulau di bagian barat Indonesia yakni Pulau Sumatera. Ternyata Minyak Telon, Popok Bayi, dan Kaos Anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli di puncak kampanye. Hal ini menunjukkan kebutuhan produk kategori Ibu dan Anak menjadi tren yang populer bagi para ibu baru di Sumatera.

Berlanjut menuju Pulau Jawa, sebagai pulau yang penduduknya paling besar. Tren belanja dipengaruhi oleh brand lokal yang semakin menjamur dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan. Terlihat produk seperti Hand & Body Lotion dan Pelembab Wajah dari brand lokal menjadi incaran untuk tampil maksimal. Namun, pencarian produk Smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.

Lain lagi dengan Pulau Bali yang terkenal sebagai surganya destinasi wisata. Justru menuju akhir tahun pulau ini menjadi tempat berlibur yang akan ramai dikunjungi. Melihat potensi tersebut, produk Kebaya Bali, Kacamata Hitam, dan Sunscreen menjadi produk paling ramai dicari sebagai persiapan dalam menyambut para turis lokal maupun mancanegara.

Pulau Kalimantan yang kini sedang memasuki musim pancaroba menunjukkan produk kebutuhan seperti Jas Hujan, Jaket Pria & Wanita, serta Hoodie yang menjadi produk lokal dan UMKM paling laris di puncak kampanye 11.11. Terlihat pengguna telah mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.

Pulau Sulawesi juga memiliki banyak keberagaman dalam kebutuhan masyarakatnya. Temuan menarik dari perilaku belanja masyarakatnya yakni produk seperti Kipas Angin, Lampu Neon, serta Panci dan Wajan menjadi yang banyak dibeli di pulau Sulawesi. Sepertinya produk-produk dari kategori Rumah Tangga menjadi kebutuhan utama di sana.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More