Siti Atikoh Bagikan Tips Cegah Kekerasan Seksual pada Perempuan

Sabtu, 25 November 2023 - 23:53 WIB
Siti Atikoh menegaskan perlu adanya kesadaran yang sama dari semua orang untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan. Foto/Dok TPN Ganjar Pranowo
JAKARTA - Kekerasan seksual masih terus terjadi di Indonesia. Terkait masalah ini, Istri Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, menegaskan perlu adanya kesadaran yang sama dari semua orang untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan. Maka itu, edukasi menjadi faktor penting yang harus diperkuat.

"Mencegah kekerasan seksual tentu yang pertama adalah edukasi," kata Atikoh dalam acara Bincang Perempuan di Menara High End, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).





Edukasi ini bisa dimulai dengan cara yang paling sederhana, yakni tidak menormalisasi komentar bernada pelecehan seksual. Kemudian, kita bersama-sama mencoba lakukan edukasi mulai dari seseorang berada di usia anak-anak.



"Kita bisa mengedukasi terutama bagi balita, mana bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. Kemudian di tingkat anak-anak juga seperti itu, apa yang bisa dia lakukan agar tidak menjadi korban," beber Atikoh.



Selain edukasi, Atikoh menuturkan bahwa support system untuk korban juga penting. Namun, sayang kampanye "women support women" tampaknya mulai diabaikan beberapa waktu belakangan ini.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More