9 Manfaat Santan Kelapa untuk Rambut Sehat dan Berkilau Alami

Rabu, 29 November 2023 - 08:48 WIB
Manfaat santan kelapa tak hanya bisa diambil untuk memperlezat masakan. Nutrisi yang ada di dalamnya juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Manfaat santan kelapa tak hanya bisa diambil untuk memperlezat masakan. Nutrisi yang ada di dalamnya juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut.

Santan kelapa terbuat dari daging putih yang berada di dalam batok kelapa matang yang kemudian dicampur dengan air. Hal tersebut berbeda dengan air kelapa yang merupakan cairan yang sudah ada di dalam buah kelapa.

Umumnya santan kelapa digunakan sebagai bahan tambahan untuk minuman, kopi, sup, serta hidangan lain. Padahal lebih dari itu, kandungan nutrisi santan kelapa dapat bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

Untuk kesehatan rambut, santan kelapa mampu mengembalikan kelembaban, kekuatan, serta manfaat lain yang dapat menunjang perawatan rambut. Menambahkan santan kelapa ke dalam perawatan rambut tidak hanya memulihkan rambut dan kulit kepala, namun juga dapat menutrisi serta menjaga helai rambut yang rusak agar tidak patah.





Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambut

1. Memelihara Kelembaban Rambut

Santan kelapa kaya asam lemak yang dapat membantu menjaga kelembaban rambut. Hal tersebut bermanfaat untuk mencegah rambut menjadi kering dan kusam.

2. Pemberian Nutrisi yang Mendalam

Kandungan nutrisi seperti vitamin E, vitamin K, dan zat besi dalam santan kelapa dapat memberikan nutrisi esensial untuk folikel rambut sekaligus mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

3. Pelindung dari Panas

Santan kelapa membentuk lapisan pelindung di tiap helai rambut. Hal tersebut bisa membantu mengurangi kerusakan akibat panas dari alat styling seperti hair dryer ataupun catok.

4. Antioksidan untuk Kesehatan Rambut

Kandungan antioksidan dalam santan kelapa membantu melawan radikal bebas, yang dapat merusak struktur rambut. Kandungan ini mampu mempertahankan kekuatan hingga kilau rambut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More