7 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol, Tanpa Konsumsi Obat-obatan

Minggu, 24 Desember 2023 - 14:03 WIB

5. Hilangkan lemak trans

Lemak trans meningkatkan kolesterol “jahat” dan menurunkan kolesterol “baik”. Mereka sering ditemukan dalam makanan yang digoreng serta makanan panggang yang dikemas secara komersial, seperti kue dan kerupuk.

Jumlah lemak trans dalam makanan telah menurun sejak saat itu FDA mengeluarkan peringatan awal terhadap lemak trans pada 2013. Keputusan tersebut menetapkan bahwa jenis lemak trans produksi yang ditemukan dalam makanan kemasan, yang disebut minyak terhidrogenasi parsial, tidak “secara umum diakui sebagai aman” (GRAS).

Pastikan untuk memeriksa daftar bahan pada makanan kemasan apa pun yang Anda pilih. Pastikan persentase lemak transnya nol gram dan daftar bahannya tidak mengandung minyak terhidrogenasi.



6. Makan buah, kacang-kacangan, dan sayur

Kacang-kacangan dan alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik dan bisa dijadikan camilan sehat. Semua kategori makanan ini kaya akan serat larut, yang memerangkap kolesterol dan membantu tubuh menghilangkannya, seperti buah-buahan, sayuran dan kacang polong.

7. Berhenti merokok

Merokok merupakan faktor risiko utama kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Merokok tembakau menyebabkan arteri mengeras dan menyebabkan aterosklerosis. Ini juga membuat dinding arteri menjadi kasar, sehingga kolesterol lebih mudah menempel dan mulai membentuk plak.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More