Jokowi Kenakan Batik Motif Sawunggaling di Perayaan Natal Nasional 2023, Ini Makna Filosofinya

Rabu, 27 Desember 2023 - 21:00 WIB
Presiden Jokowi turut menghadiri perayaan Natal Nasional 2023 yang berlangsung di Gereja Graha Bethany Nginden, Surabaya, pada Rabu (27/12/2023). Foto/Istimewa
SURABAYA - Presiden Jokowi turut menghadiri perayaan Natal Nasional 2023 yang berlangsung di Gereja Graha Bethany Nginden, Surabaya, pada Rabu (27/12/2023).

Di momen tersebut, Jokowi tampil kompak dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka terlihat mengenakan kemeja batik berwarna dasar hijau yang dihiasi dengan motif Sawunggaling.

Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami Agnes Dwina Herdiasti mengatakan, batik motif Sawunggaling pada awalnya dipopulerkan oleh maestro batik Go Tik Swan dari Surakarta.

Selain itu, motif pada batik satu ini memiliki makna dan filosofi yang cukup menarik. Agnes menyebut Sawunggaling bermakna ayam jago bertarung. Makna tersebut merupakan penggabungan dari bentuk ayam jago yang dekat di keseharian masyarakat kita dengan burung phoenix dari Tiongkok.







”Sawunggaling bermakna ayam jago bertarung merupakan penggabungan dari bentuk ayam jago yang dekat di keseharian masyarakat kita dengan burung phoenix dari Tiongkok,” ujar Agnes kepada MNC Portal, Rabu (27/12/2023).

Selain itu, Agnes menyebut bahwa makna dari batik motif Sawunggaling juga menjadi salah satu jejak pengaruh ragam seni budaya luar ke dalam khazanah perbatikan Nusantara.

“Ini sekaligus menjadi salah satu jejak pengaruh ragam seni budaya luar ke dalam khazanah perbatikan Nusantara,” terangnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More