Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

Jum'at, 05 Januari 2024 - 18:28 WIB
Bagian ini penting supaya hasil akhir setelah memakai masker sesuai harapan. Salah satunya menggunakan masker khusus jerawat yang bisa membantu mengurangi kemerahan.

Untuk bentuk masker itu sendiri beragam, ada yang clay mask, wash off, peel off, bubuk (powder), sheet mask, gel, krim atau masker alami D.I.Y.

3. Jangan Terlalu Lama Menggunakan Masker

Idealnya, memakai masker sekitar 10-30 menit, kecuali jenis sleep mask atau overnight mask yang bisa Anda bawa tidur semalaman. Meski ada anjuran pakai di setiap label kemasan masker wajah, kemungkinan Anda berpikir memakainya lebih baik lama supaya menyerap sempurna.

Hal itu sebaiknya jangan dilakukan. Terlalu lama memakai masker justru membuat kulit wajah kering karena kelembapan alami kulit ikut diserap.

4. Bilas Bersih Setelah Memakai Masker

Bersihkan sisa-sisa masker yang menempel sampai bersih, terutama masker berjenis mud, clay, peel-off, serbuk, dan gel harus dibilas sampai bersih. Bisa dengan waslap yang dibasahi air hangat atau diguyur air biasa. Jika tidak, residu masker bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan komedo.

Khusus masker jenis sheet mask biasanya tidak dianjurkan dibilas lantaran cairan formula yang menempel akan menyerap sendiri. Setelah dilepas, cukup tepuk-tepuk halus bagian wajah sampai leher.

5. Gunakan Pelembap

Selesai memakai masker, Anda tetap perlu mengaplikasikan perawatan lanjutan seperti moisturizer atau serum. Moisturizer dan serum berfungsi sebagai pelembap untuk menghidrasi kulit supaya tidak kering. Gunakan pelembap khusus untuk dipakai malam hari. Biasanya tekstur pelembap ini tidak terlalu berat dan mudah meresap.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More