Begini Kemewahan Istana Nurul Iman, Tempat Resepsi Pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah

Kamis, 11 Januari 2024 - 12:04 WIB
Istana Nurul Iman, tempat resepsi pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah, merupakan salah satu istana mewah di dunia. Foto/Instagram @historical_places_2021
BANDAR SERI BEGAWAN - Pangeran Abdul Mateen akan menikahi pujaan hatinya, Anisha Rosnah, pada Kamis (11/1/2024). Rangkaian acara pernikahan ini telah digelar sejak 7 Januari 2024 dan bakal berlangsung selama 10 hari. Untuk puncak acaranya, yakni Majlis Bersanding Pengantin Diraja, akan digelar di Istana Nurul Iman tanggal 14 Januari mendatang.

Istana Nurul Iman merupakan salah satu istana mewah di dunia. Mengutip Guinness Book of Records, Istana Nurul Iman dikenal sebagai rumah tempat tinggal kepala negara terbesar di dunia. Istana ini terletak di dekat Bandar Seri Begawan, Ibu Kota Brunei Darussalam. Istana ini merupakan kediaman resmi Sultan Brunei ke-29, Hassanal Bolkiah.

Sultan Hassanal Bolkiah meresmikan istana tempat tinggal baru pada 1981, ketika Brunei masih menjadi negara protektorat Inggris. Istana ini telah berfungsi sejak Brunei memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada 1 Januari 1984.







Daily-bhaskar



Untuk menghasilkan kediaman yang mewah ini, Sultan Hassanal Bolkiah memperkerjakan arsitek terkenal Filipina, Leandro Locsin, untuk memimpin proyek tersebut. Locsin berkolaborasi dengan Khuan Chew yang terkenal sebagai desainer Burj al-Arab Dubai. Bangunan Istana Nurul Iman dirancang dengan gaya arsitektur dari seluruh dunia, termasuk Italia, Turki, dan Malaysia.

Keragaman gaya terlihat jelas dalam kombinasi unik lengkungan, pilar, fasad, dan atap istana. Interior Istana Nurul Iman yang luas dihiasi dengan sutra dan granit Tiongkok, marmer Italia, serta lampu gantung Inggris. Ada lebih dari 30 jenis marmer yang dimasukkan ke dalam istana. Banyak bagian dalamnya yang diberi aksen emas, seperti rel dan gagang pintu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More