10 Makanan Pereda Sakit Perut, Pepaya Buang Racun dalam Tubuh

Sabtu, 13 Januari 2024 - 07:00 WIB
Gangguan pencernaan merupakan tanda sistem pencernaan Anda tidak berfungsi maksimal. Begini cara mengatasinya. Foto/ shutterstock
JAKARTA - Gangguan pencernaan, kembung dan sembelit merupakan tanda-tanda bahwa sistem pencernaan Anda tidak berfungsi secara maksimal.

Jika Anda mengalami salah satu masalah ini, maka inilah saatnya beralih ke makanan terbaik untuk pencernaan .

Dilansir stylecraze, berikut makanan terbaik untuk pencernaan.



Makanan Pereda Sakit Perut

1. Yoghurt

Yogurt adalah makanan sederhana dan mudah dicerna yang memberi usus bakteri baik yang membantu pencernaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yogurt dapat menghambat diare, penyakit radang usus, meningkatkan pergerakan usus, dan mengurangi risiko kanker usus besar.



Anda bisa mengonsumsi semangkuk kecil yogurt setelah makan siang atau makan malam untuk membantu mencerna makanan. Namun jika Anda tidak toleran laktosa, pertimbangkan alternatif yogurt yang terbuat dari susu almond atau kambing, atau bahkan santan.

2. Pepaya

Pepaya kaya akan enzim proteolitik, chymopapain, dan papain yang memiliki sifat antimikroba dan membantu pencernaan dengan cara memecah makanan. Selain itu, pepaya juga kaya akan vitamin A, B, dan C, yang membantu membuang racun.



3. Gandum

Biji-bijian utuh merupakan sumber serat larut dan tidak larut. Serat larut bertindak dengan membentuk zat seperti gel di usus besar sehingga memerangkap makanan dan meningkatkan rasa kenyang sekaligus memperlambat penyerapan glukosa.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More