Waspada Gejala Diabetes di Bahu yang Jarang Diketahui

Rabu, 31 Januari 2024 - 21:05 WIB
Gejala diabetes di bahu perlu diwaspadai lantaran jarang diketahui banyak orang. Gula darah tinggi dikaitkan masalah pada tangan, kaki, atau anggota badan. Foto/Getty Images
JAKARTA - Gejala diabetes di bahu perlu diwaspadai lantaran jarang diketahui banyak orang. Gula darah tinggi, yang mengganggu penderita diabetes telah lama dikaitkan dengan masalah pada tungkai dan kaki, termasuk neuropati diabetik, sejenis kerusakan saraf yang dapat terjadi pada tangan, kaki, atau anggota badan.

Diabetes juga dikaitkan dengan masalah otot dan tulang di tubuh bagian atas. Namun, penelitian baru yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Exeter, kini telah mengidentifikasi gejala diabetes menyakitkan lainnya yang disebabkan oleh gula darah tinggi.

Tim peneliti menjelaskan bahwa berbagai masalah, mulai dari bahu yang membeku hingga kondisi pergelangan tangan yang menyakitkan, juga bisa mengarah pada diabetes. Para peneliti sampai pada kesimpulan ini dengan melihat data dari 370.000 peserta dalam studi UK Biobank.

Temuan mereka mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki peluang lebih tinggi terkena gula darah tinggi yang tidak terkontrol, yang dikenal sebagai hiperglikemia, juga lebih mungkin mengalami empat masalah pada ekstremitas atas. Tanda-tanda berikut dapat menjadi peringatan.







Foto/Infografis SINDOnews

1. Bahu beku, jaringan ikat di sendi menebal, menyebabkan kekakuan dan ketidaknyamanan.

2. Sindrom terowongan karpal, saraf terperangkap di pergelangan tangan menyebabkan mati rasa, dan kesemutan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More