2 Cara Mengobati Penyakit Kelamin seperti yang Dialami Venny Alberti

Selasa, 06 Februari 2024 - 12:16 WIB
Penyakit menular seksual (PMS) ramai dibahas usai selebgram Venny Alberti mengaku telah terinfeksi masalah kesehatan tersebut dari suaminya, Akash Ellahi, yang kerap berselingkuh dengan banyak wanita. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Penyakit menular seksual (PMS) ramai dibahas usai selebgram Venny Alberti mengaku telah terinfeksi masalah kesehatan tersebut dari suaminya, Akash Ellahi, yang kerap berselingkuh dengan banyak wanita. Lantas, apa itu PMS dan bagaimana mengobatinya?

PMS atau dikenal juga dengan penyakit kelamin merupakan infeksi yang menular melalui hubungan intim, baik secara vaginal, melalui dubur, atau lewat mulut (oral). Ada banyak jenis penyakit menular seksual di antaranya klamidia, gonore, sifilis, herpes, HPV, dan HIV.

Diagnosis PMS dimulai dengan riwayat seksual Anda dan gejala yang muncul saat pemeriksaan. Jika hal itu menunjukkan bahwa Anda menderita PMS, dokter bakal melakukan pemeriksaan fisik atau panggul untuk mencari tanda-tanda infeksi. Beberapa tanda infeksi adalah ruam, kutil, atau keluarnya cairan dari kelamin.







Melansir Mayo Clinic, Selasa (6/2/2024), PMS dapat diobati dengan cara berbeda berdasarkan penyebabnya. Infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri umumnya lebih mudah diobati. Sementara infeksi yang disebabkan oleh virus dapat ditangani dan diobati namun tidak selalu dapat disembuhkan.

Pengobatan untuk infeksi menular seksual berbeda-beda, tergantung pada infeksinya. Namun, yang lazim diberikan adalah sebagai berikut.

1. Antibiotik.

Antibiotik, sering kali dalam dosis tunggal, dapat menyembuhkan banyak PMS yang disebabkan oleh bakteri atau parasit seperti gonore, sifilis, klamidia, dan trikomoniasis.

Setelah memulai pengobatan antibiotik, Anda harus menyelesaikan resepnya. Jika Anda merasa tidak dapat meminum obat sesuai resep, beri tahu dokter Anda. Perawatan yang lebih singkat dan sederhana mungkin tersedia.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More