7 Fakta Menarik Angpao Imlek, Bisa Diberikan via Transfer?

Kamis, 08 Februari 2024 - 18:18 WIB
Tahun Baru Imlek 2024 akan segara tiba. Momen perayaan ini identik dengan tradisi memberi uang atau biasa disebut bagi-bagi angpao. Foto/iStock
JAKARTA - Tahun Baru Imlek 2024 akan segara tiba. Momen perayaan ini identik dengan tradisi memberi uang atau biasa disebut bagi-bagi angpao.

Melihat ke belakang, tradisi pemberian angpao sudah dilakukan secara turun-temurun. Dari sekian banyak bentuk perayaan Imlek yang biasa dilakukan, tradisi ini menjadi salah satu yang paling ditunggu.

Lantas, apa itu sebenarnya angpao Imlek? Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (8/2/2024), berikut sejumlah faktanya yang bisa diketahui.



Fakta Angpao Imlek

1. Asal-usul Penamaan

Angpao berasal dari dua kata, yaitu “hong” yang berarti merah dan “bao” dengan arti membungkus. Maka itu, tak jarang juga yang menyebut angpao sebagai The Lucky Red Envelope atau Amplop Merah Keberuntungan.



Pada kamus bahasa Mandarin, angpao sendiri bisa diartikan sebagai ‘uang yang dibungkus dalam amplop merah sebagai hadiah’, ‘bonus bayaran’ hingga ‘bonus untuk pembeli dari penjual karena sudah membeli produknya’.

2. Tak Sekadar Hadiah Uang

Masyarakat umum mungkin biasa mengenali angpao berdasarkan isinya yang berupa uang. Hal ini memang tidak salah, namun selain itu ada makna lain dalam pemberian angpao.

Mengutip Google Arts & Culture, angpao tak hanya amplop yang berisikan uang. Dalam hal ini, keberadaannya juga melambangkan harapan baik serta keberuntungan untuk tahun baru.

Lebih jauh, bagian terpenting dari angpao bukanlah uangnya, melainkan makna pemberiannya. Adapun warna merah pada amplopnya biasa disimbolkan sebagai keberuntungan dan kemakmuran menurut budaya China.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More