Ini Dampak Buruk Aksi Perundungan bagi Pelakunya, Bisa Mengarah ke Kriminal

Selasa, 20 Februari 2024 - 06:35 WIB
Bullying atau perundungan juga memberikan dampak buruk pada pelakunya. Foto Ilustrasi/Shutterstock
JAKARTA - Anak Vincent Rompies, Farrel Legolas Rompies, diduga terlibat dalam tindak perundungan dan kekerasan bersama teman-teman sekolahnya. Kabar tersebut pertama kali muncul lewat cuitan di X oleh sebuah akun bernama @ErikE***.

Dalam cuitannya, akun tersebut memberikan komentar terkait perundungan yang terjadi di SMA internasional yakni Binus School Serpong. Akibat dari perundungan itu, korban mengalami luka hingga masuk rumah sakit.

Ya, bullying atau perundungan masih kerap terjadi di tengah masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dampak yang dialami korban bullying tentu mempengaruhi psikis dan mentalnya.





Namun tahukah Anda, selain berdampak pada korban, bullying juga memberikan efek buruk pada pelakunya sendiri? Menurut psikolog klinis dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat Cibubur Dian Fatmawati, S.Psi, M.Psi, bila pelaku perundungan tidak ditangani, maka dikhawatirkan akan melakukan tindakan kriminal serius.

"Misalnya pelaku akan merasa bukan masalah bila melakukan perbuatan yang melanggar aturan sehingga mencoba tindakan kriminal seperti begal. Mereka juga bisa sampai pada penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang," beber Dian, seperti dikutip dari website Kementerian Kesehatan, Selasa (20/2/2024).

"Kalau sudah ke gangguan penggunaan zat, dia bisa malah mencuri karena butuh uang untuk buat beli zat. Jadi, malah merambat ke mana-mana,” lanjutnya.

Dian menambahkan, untuk mengatasi dampak perundungan bisa dimulai dari peran orang tua untuk terus memperhatikan anaknya. Selain itu juga upaya dari pihak sekolah.

"Langkah-langkah pencegahan perundungan dapat dimulai sejak jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. Sekolah perlu menanamkan budaya kasih sayang, tolong-menolong, dan antikekerasan," tuturnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More