5 Makanan dan Minuman yang Bikin Dehidrasi, Hindari saat Sahur

Kamis, 14 Maret 2024 - 10:15 WIB
Ada kandungan makanan dan minuman yang ternyata bisa membuat dehidrasi. Tentu saja hal ini harus dihindari saat sahur. Foto/iStock
JAKARTA - Tiap makanan dan minuman memiliki kandungan yang berbeda-beda. Ada kandungan makanan dan minuman yang ternyata bisa membuat dehidrasi. Tentu saja hal ini harus dihindari saat sahur. Jika tidak, Anda akan merasa kehausan sepanjang puasa.

Dehidrasi sendiri sangat membahayakan tubuh. Kita tahu, air adalah esensi kehidupan yang membentuk hampir 60% dari komposisi tubuh manusia.

Menurut Mayo Clinic, hidrasi yang tepat memastikan fungsi tubuh yang penting berjalan dengan lancar seperti transportasi nutrisi, pengaturan suhu tubuh, dan pelumasan sendi, hanya untuk menyebutkan segelintir kecil.







Selain itu, dehidrasi juga mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan kelelahan, kram otot, dan bahkan komplikasi kesehatan yang lebih parah.

Untuk itu jangan biarkan tubuh Anda dehidrasi selama puasa.

Mengutip laman The Healthy, berikut 5 makanan dan minuman yang bikin dehidrasi, jadi harus dihindari saat sahur!

1. Makanan Olahan

Makanan olahan tinggi natrium seperti keripik, pretzel, dan popcorn meningkatkan kebutuhan cairan pada tubuh Anda. Hal ini disebabkan oleh peran natrium dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh. Terlalu banyak natrium dapat memicu keadaan dehidrasi, sekali pun Anda sudah minum banyak air.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More