5 Tips Investasi Emas bagi Pemula, Dijamin Mudah dan Aman

Kamis, 25 April 2024 - 13:04 WIB
3. Pantau Pergerakan Harga Emas

Tips investasi emas bagi pemula selanjutnya adalah memantau harga pergerakan emas. Meski terbilang stabil, kamu tetap harus memantau perkembangan harga emas sebelum mulai berinvestasi. Harga emas dapat berubah-ubah sesuai dengan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar global.

Kamu dapat membeli emas ketika harganya sedang turun atau cenderung rendah. Kemudian, ketika harganya melambung tinggi, kamu dapat membertimbangkan untuk menjual kembali emas tersebut. Memantau pergerakan harga emas dapat dilakukan secara online dengan kata kunci tertentu, misalnya saja “harga emas 1 gram hari ini”.

4. Simpan Emas di Tempat yang Aman

Setelah emas terbeli, hal lain yang harus diperhatikan adalah bagaimana menyimpan emas di tempat yang aman. Kamu dapat menyiapkan brankas dengan proteksi keamanan pin hingga sidik jari untuk meminimalisir kemungkinan pencurian dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga dapat menyimpan emas di safe deposit box yang biasanya disediakan oleh bank. Banyak bank di Indonesia yang sudah menyediakan tempat untuk menyimpan barang berharga, sehingga kamu dapat merasa lebih aman dibandingkan menyimpannya sendiri.

5. Menjual Kembali Emas di Waktu yang Tepat

Seperti halnya investasi, tentulah mengharapkan keuntungan. kamu perlu menganalisa dengan cermat kapan waktu yang tepat untuk dapat memperoleh margin keuntungan yang besar. Investasi emas dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, oleh karena itu kamu tak perlu buru-buru dan gegabah untuk menjualnya.

Pertimbangkan pula untuk tidak langsung menjual seluruh emas yang kamu miliki. Cobalah menjual kembali emas sesuai dengan kebutuhan, agar nantinya kamu tetap memiliki tabungan atau investasi. Misalnya saja kamu memiliki 30 gram emas, kamu dapat menjual emas 5 gram untuk memperolah dana setidaknya Rp6 jutaan (harga per 23 April 2024).

Nah, itulah tadi tips investasi emas bagi pemula yang dijamin mudah dan aman. Tidak perlu ragu untuk memulai, tetapi harus tetap berhati-hati dan jangan lelah untuk terus belajar! Kalau bukan sekarang, mau kapan?
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More