10 Kebiasaan yang Dapat Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang

Sabtu, 01 Juni 2024 - 09:00 WIB
Berbagai kebiasaan yang dapat memperpendek umur melibatkan faktor-faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, pola makan, kebiasaan fisik, dan kesehatan mental. Foto/Healthway Medical Group
JAKARTA - Berbagai kebiasaan yang dapat memperpendek umur melibatkan faktor-faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, pola makan, kebiasaan fisik, dan kesehatan mental. Penting untuk mengubah kebiasaan tidak sehat yang dilakukan setiap hari.

Hal ini agar dapat secara signifikan meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur. Banyak orang berpikir bahwa harapan hidup sebagian besar ditentukan oleh genetika.

Namun, gen memainkan peran yang jauh lebih kecil daripada yang diyakini sebelumnya. Ternyata faktor lingkungan seperti pola makan dan gaya hidup adalah kuncinya.



Kebiasaan yang Dapat Memperpendek Umur



Berikut beberapa kebiasaan yang dapat memperpendek umur dilansir dari Health Line, Sabtu (31/5/2024).



1. Merokok



Merokok adalah salah satu penyebab utama kematian yang dapat dicegah. Rokok mengandung banyak zat kimia berbahaya yang dapat merusak paru-paru, jantung, dan pembuluh darah.

Merokok meningkatkan risiko berbagai penyakit. Termasuk kanker paru-paru, penyakit jantung, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More