Rachel Vennya Pilih Kurban Kambing Ketimbang Sapi: Katanya Lebih Baik

Senin, 17 Juni 2024 - 13:00 WIB
Melansir dari NU Online yang mengutip Syekh Khathib al-Syarbini dalam kitab al-Iqna’ Hamisy Hasyiyah al-Bujairimi, keutamaan dari macam-macam hewan kurban itu dilihat berdasarkan pertimbangan syiar.

"Lebih utamanya macam-macam kurban dengan melihat pertimbangan syiar adalah unta kemudian sapi, karena daging unta lebih banyak. Kemudian domba, kemudian kambing kacang, sebab lezatnya daging domba melebihi kambing kacang, kemudian berkurban kolektif dalam unta atau sapi," urai Syekh Khathib.



"Adapun melihat daging, maka daging domba adalah yang terbaik. Tujuh ekor kambing lebih utama dari satu ekor unta atau sapi. Satu ekor kambing lebih utama dari kurban unta atau sapi secara kolektif, sebab menyendiri dalam mengalirkan darah,” lanjutnya.

Berdasarkan penjelasan itu dapat disimpulkan bahwa berkurban kambing secara sendiri lebih utama daripada berkurban sapi dengan patungan bersama sebanyak tujuh orang. Alasannya karena pahala dan keberkahan tetesan darah hewan kurban didapatkan secara pribadi dan tidak dibagi dengan orang lain yang berkurban.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More