Apakah Penderita PCOS Harus Program Bayi Tabung Agar Bisa Punya Anak?

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:49 WIB
Kehamilan merupakan kabar baik yang dinantikan oleh setiap pasangan suami istri. Sayang, ada beberapa kondisi yang menyebabkan wanita sulit untuk hamil, salah satunya adalah PCOS. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Kehamilan merupakan kabar baik yang dinantikan oleh setiap pasangan suami istri. Sayang, ada beberapa kondisi yang menyebabkan wanita sulit untuk hamil, salah satunya adalah PCOS (polycystic ovarian syndrome).

PCOS disebabkan oleh kelebihan hormon yang bisa mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong berisi cairan atau kista. Kondisi ini akhirnya menyebabkan sel-sel telur tidak bisa berkembang dengan sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur.

Lantas, apakah seseorang yang menderita PCOS harus melakukan treatment bayi tabung agar bisa hamil?







Ahli Fertilitas Endokrinologi Reproduksi dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp.OG(K)FER, MARS menjelaskan, terapi bayi tabung merupakan pilihan terakhir setelah mencoba beberapa program secara alami yang belum berhasil.

“Kita coba pasangan untuk program secara alami dulu. Kalau belum berhasil dilakukan inseminasi buatan,” jelas dr Cepi saat ditemui belum lama ini.

Apakah beda inseminasi buatan dan bayi tabung?

Dokter Cepi menjelaskan, inseminasi buatan tidak dibuahi di luar. Jadi saat masa subur pasangan diminta untuk melakukan hubungan suami istri.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More