6 Olahraga yang Cocok untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Bikin Panjang Umur

Selasa, 25 Juni 2024 - 05:00 WIB

5. Latihan Kekuatan



Latihan kekuatan atau angkat beban adalah olahraga penting untuk menjaga massa otot dan kekuatan tulang, yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Latihan kekuatan membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko osteoporosis, dan memperbaiki postur tubuh. Anda tidak perlu mengangkat beban yang sangat berat.

Anda bisa menggunakan beban ringan atau sedang dan melakukan repetisi yang cukup sudah cukup efektif. Fokus pada berbagai kelompok otot dan pastikan untuk melakukannya dengan teknik yang benar. Anda bisa memulai dengan latihan dasar seperti squats, lunges, push-ups, dan bicep curls.

6. Pilates



Pilates berfokus pada kekuatan inti, fleksibilitas, dan kesadaran tubuh secara keseluruhan. Ini melibatkan gerakan terkontrol yang meningkatkan tonus otot dan memperbaiki postur tubuh. Sebuah studi di Journal of Sports Science & Medicine menemukan bahwa pilates secara signifikan meningkatkan fleksibilitas, daya tahan otot perut, dan keseimbangan dinamis.

Bagi orang yang berusia di atas 40 tahun, pilates dapat membantu mengurangi nyeri punggung bagian bawah, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan kebugaran fungsional secara keseluruhan.

(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More