12 Destinasi Wisata di Jogja dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi saat Libur Panjang

Rabu, 03 Juli 2024 - 03:30 WIB
Jogja atau Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Kota ini memiliki banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan ketika liburan. Foto/iStock
YOGYAKARTA - Jogja atau Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Kota ini memiliki banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan ketika liburan.

Yogyakarta yang terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang tak hanya menarik, tetapi juga unik. Dari situs bersejarah nan megah, pantai-pantai yang menawan, hingga tempat-tempat kuliner yang menggoda, Yogyakarta memiliki segalanya.

Setiap tempat di Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat momen liburan semakin seru dan berkesan. Berikut adalah destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Jogja dan sekitarnya.



1. Candi Borobudur

Mulailah petualangan dengan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Meski terhitung berada di luar kota, namun tempat wisata ini menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 tempat teratas yang wajib dikunjungi di Yogyakarta, dan itu bukan tanpa alasan.



Candi Buddha yang megah ini menempati lokasi yang sangat indah dengan latar pegunungan serta pemandangan alam yang mempesona. Candi Borobudur juga merupakan struktur Buddha terbesar di dunia. Hanya butuh satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.

2. Candi Prambanan

Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dilihat di Yogyakarta, pastikan untuk memasukkan Candi Prambanan dalam rencana perjalanan Anda. Kompleks Hindu yang mengesankan ini terdiri dari beberapa candi kecil yang mengelilingi kelompok candi utama. Setiap candi memiliki karakteristik yang berbeda, namun tetap indah. Candi Prambanan adalah contoh arsitektur Hindu yang luar biasa dan menarik banyak pecinta sejarah dan arsitektur.

3. Candi Sewu

Meskipun sebagian besar kompleks ini sedang dalam tahap restorasi, struktur terbaik yang berdiri tinggi di kompleks candi tiga antena di sebelah Candi Prambanan adalah Candi Sewu. Dua patung raksasa akan menyambut Anda di pintu masuk dan menuntun menuju candi utama. Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua di Jawa dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Yogyakarta.

4. Pinus Pengger

Sebagai tambahan yang relatif baru di daftar tempat teratas untuk dikunjungi di Yogyakarta, Pinus Pengger, hanya berjarak satu jam perjalanan dari pusat kota. Ini adalah taman bertema hutan yang memiliki patung-patung menarik seperti "Tangan" yang sangat Instagrammable dan tempat yang bagus untuk berfoto, terutama saat matahari terbenam.

Meskipun berada di pinggiran kota, Pinus Pengger adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi dekat Yogyakarta.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More